Otak-Atik Gadget - Ini Penyebab Hp Ngecas Sendiri (Dan Cara Mengatasinya)

HP ngecas sendiri, merupakan salah satu problem yang saya yakin sering ditemukan di HP-HP Android, terutama dikeluaran lama.

Nah, gotong royong sih bukan problem keluaran lamanya atau tidak, tapi tergantung pemakaian, dan HPnya yang rusak atau tidak.

Karena bukan tidak mungkin, HP-HP yang gres dibeli beberapa bulan juga sanggup mengalami ini.


 merupakan salah satu problem yang saya yakin sering ditemukan di HP Otak-Atik Gadget -  Ini Penyebab HP Ngecas Sendiri (Dan Cara Mengatasinya)


HP yang ngecas terus padahal sudah dicabut, saya sendiri pernah mengalaminya. Di HP pertama dengan pemakaian 3 tahun, HP kedua dengan pemakaian kurang lebih 1 tahun dan di tab pemakaian kurang lebih 6 bulan.

Walau bagi sebagian orang error ini biasanya tidak begitu dipikirkan, tapi buat saya ini lebih baik diperbaiki. Kenapa?

Karena di beberapa waktu lain, problem ini juga sanggup menjadikan HP Anda menerima error lain, contohnya menyerupai Android restart sendiri.



Penyebab HP Ngecas Terus Padahal Tidak Disambung



Untuk penyebabnya, gotong royong ada beberapa. Di beberapa lembaga teknologi juga ada beberapa member menanyakan hal yang sama.

Contohnya menyerupai 5 hal ini :

  • Indikator baterai error : Indikator tidak menerangkan baterai berhenti ngecas ketika dicabut chargernya.
  • Sistem Error : Mirip dengan indikator tadi, tapi dari sistem (Misalnya lantaran root atau sebagainya).
  • Efek Kabel Chager : Sebagian pengguna Android bilang baterai HP mengisi sendiri sanggup disebabkan lantaran kabel charger yang sudah kurang bagus.
  • Konektor Charger Rusak : Di HP, terdapat konektor (Port) charger yang juga sanggup rusak. Salah satu efeknya yakni baterai terisi terus menerus walau tidak dicas.
  • IC Charger Rusak : Untuk pengatur fungsi charging, di HP terdapat yang namanya IC Charger. Ada beberapa imbas dari IC Charger rusak, menyerupai baterai tidak terisi, mengecas sendiri, sampai menciptakan HP mati total.


Lalu bagaimana sih cara mengatasinya?

Nah, beberapa tips berikut mungkin sanggup Anda lakukan untuk memperbaiki indikator baterai yang terus terisi padahal tidak dicas :


1. Restart HP


Biasanya ketika HP saya baterainya terisi sendiri, saya selalu merestart HP. Tujuannya simpel, yakni untuk mereset sistem semoga normal lagi.

Hasilnya sanggup dibilang memang sangat efektif. Error ini biasanya pribadi hilang, terutama bila sebelumnya saya menjalankan multitasking terlalu banyak.

Selain restart HP, Anda juga sanggup mencoba mematikan HP >> Melepas baterai >> Tunggu beberapa menit >> Kemudian pasang dan nyalakan kembali.

Cara ini juga biasanya efektif.


2. Ganti Kabel Charger


Jika kabel charger yang Anda gunakan sudah cukup lama, mungkin Anda sanggup mempertimbangkan untuk menggantinya.

Namun sebelumnya Anda sanggup mengecek terlebih dahulu kabel tersebut ke HP lain. Jika di HP tersebut juga ngecas terus ketika dicabut, berarti memang dari kabel chargernya.

Untuk menggantinya sanggup coba beli kabel yang sama, sesuai dengan HP yang dipakai. Atau sanggup coba juga baca artikel berikut.


3. Reset HP


Mereset HP, sanggup dibilang cukup efektif mengatasi banyak sekali error pada HP, terutama yang berafiliasi dengan sistem.

Termasuk HP yang terus menerus ngecas, bila Anda yakin penyebabnya dari sistem, Anda sanggup mencoba mempertimbangkan opsi reset ini.

Untuk mereset HP Android, biasanya berbeda-beda stepnya. Tapi secara keseluruhan, mungkin Anda sanggup membaca cara mereset HP berikut.


4. Ganti Konektor Charger


Konektor charger pada HP, gotong royong sanggup diganti bila ada error atau rusak.

Tapi perlu diingat, konektor ini kebanyakan sudah melekat di board HP, sehingga diharapkan beberapa cara khusus untuk menggantinya.

Saran saya, Anda sanggup mencoba membawanya ketempat reparasi untuk diganti.


5. Ganti IC Charger


Jika semua cara diatas belum berhasil, mungkin IC Charger HP Anda rusak. Terutama kalau selain problem ini, terdapat problem mengecas tapi tidak sanggup penuh / tidak mau ngecas.

Mengganti IC Charger sanggup dibilang lebih sulit dibanding mengganti konektor charger. Karena itu saran saya sama menyerupai sebelumnya, bawa saja HP tersebut ke kawasan reparasi.

Nah, kalau HP Anda masih garansi, akan lebih baik untuk membawa HP tersebut ke service center resmi di kota Anda.


Penutup...


Demikian, sedikit gosip perihal penyebab dan bagaimana cara untuk memperbaiki HP yang suka mengecas sendiri terus menerus.

Walau sebagian orang kadang tidak begitu memikirkan problem ini, tidak ada salahnya bila Anda ingin coba memperbaikinya.

Jika ada pertanyaan seputar hal ini, Anda sanggup mengirimkannya melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - Ini Penyebab Hp Ngecas Sendiri (Dan Cara Mengatasinya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel