Otak-Atik Gadget - 6 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Gambar

Komputer nyala tapi ada gambar. Errornya yakni dikala Komputer dihidupkan, CPU berjalan normal, namun di monitor tidak tampil apa-apa. Biasa disebut sebagai blackscreen (Layar hitam) atau No Display. Ini yaitu salah satu duduk kasus yang berdasarkan saya cukup sering dialami pengguna PC.

Saya sendiri sebagai penulis sudah beberapa kali mengalami hal ini, dan (Untungnya) hingga dikala ini masih sanggup selalu diperbaiki.

Oh ya, kenapa saya bilang sering? Karena di grup-grup teknologi (Terutama Komputer), cukup banyak yang menanyakan hal ini.


 Errornya yakni dikala Komputer dihidupkan Otak-Atik Gadget -  6 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Gambar


Penyebab dari duduk kasus ini ada beberapa. Diantaranya :

  • Kerusakan RAM
  • Salah sambung port kartu grafis
  • VGA rusak
  • Kabel VGA atau monitor yang bermasalah


Makara sanggup dibilang, secara garis besar duduk kasus CPU tidak tampil ke monitor ini disebabkan duduk kasus yang berafiliasi dengan komponen.

Untuk cara mengatasinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut satu satu :


1. Periksa RAM Di Komputer Anda


Pertama RAM. RAM ini yaitu komponen pertama yang wajib Anda cek, ketika sedang ada duduk kasus yang berafiliasi dengan booting.

RAM rusak juga sanggup menciptakan CPU tidak ada tampilan sama sekali. Beda dengan error komponen lainnya, duduk kasus pada RAM biasanya tidak disertai suara beep.

Untuk itu, silakan lakukan hal berikut :


  • Pindahkan slot RAM ke slot 1 - 2 - 3 - 4 (Tergantung berapa slot RAM pada Motherboard Anda).
  • Tukar posisi RAM kalau Anda menggunakan konfigurasi dual channel.
  • Pakai salah satu RAM kalau menggunakan konfigurasi dual channel.
  • Lepas RAM dari slot, kemudian bersihkan menggunakan penghapus (Pada kakinya).


Kalau belum bisa, ada baiknya Anda mengecek menggunakan RAM lain.


2. Cek Kabel Tersambung


Kabel disini maksudnya ialah kabel ke kartu grafis (VGA). Terutama untuk orang yang gres rakit PC, mereka suka mengalami ini.

Penyebabnya (Kebanyakan) lantaran salah sambung port. Jika kita menggunakan VGA discrete, maka port VGA pada motherboard akan jadi nonaktif. Dan kalau menyambung ke port tersebut, maka monitor jadi tidak menampilkan gambar apa-apa.

Coba lakukan hal berikut :


  • Pindahkan kabel ke port lain. Ingat, harus pada VGA, bukan motherboard.
  • Gunakan converter aktif (Jika Anda menggunakan jenis kabel berbeda).
  • Gunakan satu jenis kabel kalau memungkinkan (HDMI ke HDMI misalnya).
  • Coba ganti jenis kabel yang dipakai.


Jika dikala blackscreennya muncul pesan no signal, masalahnya lain lagi. Silakan baca artikel memperbaiki komputer no signal.


3. Clear Baterai CMOS


Baterai CMOS, yaitu komponen yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi BIOS yang telah diatur.

Nah, disini kita sanggup mencoba melaksanakan Clear CMOS, untuk mereset pengaturan BIOS yang telah tersimpan tadi. Karena kadang salah konfigurasi juga sanggup berpengaruh.

Cara Clearnya beda-beda, tergantung jenis Motherboard yang dipakai. Silakan cek buku panduan dari dus bawaan.


4. Periksa VGA Komputer Anda


VGA yaitu komponen yang berfungsi untuk mengolah grafis Komputer, serta menampilkan gambar. Makara tidak heran kalau VGA rusak, maka monitor tidak tampil apa-apa (No display).

Saya sendiri dulu pernah mengalaminya. VGA saya rusak jawaban terlalu panas. Hasilnya waktu PC dinyalakan, tampilan yang saya sanggup hanya gelap saja.

Saran yang sanggup saya berikan disini, coba tes Komputer Anda dengan VGA lain, atau tes VGA Anda ke Komputer lain (Baca cara ceknya disini). Kalau rusak, Anda sanggup beralih ke VGA bawaan atau ganti dengan yang baru.
  

5. Cek Power Supply


Setiap Komputer menghasilkan daya yang berbeda-beda, tergantung dari komponennya. Namun sejatinya kalau gres nyala, power yang dihasilkan akan rendah.

Tapi beda hal kalau Power Supply (PSU) Anda rusak. Daya yang dihasilkan akan drop, dan tegangannya juga jadi tidak stabil. Ini juga pernah saya alami. Dan bukan hanya tidak muncul gambar, Komputer kadang suka mati beberapa detik sehabis dinyalakan.

Cara mengatasinya, coba tes menggunakan PSU lain.


6. Update BIOS


Untuk beberapa seri Processor (Seperti Ryzen) ketika disambung ke beberapa tipe Motherboard, akan mengalami No Display kalau BIOSnya belum diupdate.

Nah, simpelnya disini Anda harus coba update dulu BIOS Motherboardnya ke versi yang sesuai. Jika cocok, niscaya Komputer akan berjalan normal.

Cara updatenya sanggup dicari di situs resmi brand Motherboard yang dipakai.


Penutup...


Komputer menyala tapi tidak ada gambar, mengatasinya kadang gampang kadang susah. Jika komponen masih normal mungkin tidak begitu masalah, tapi kalau sudah ada yang rusak repotnya itu ketika harus diganti.

Semoga pembahasan tadi sanggup jadi panduan untuk Anda yang sedang mengalami duduk kasus ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan melalui kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - 6 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel