Otak-Atik Gadget - Ini Klarifikasi Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui

Saat ini menggunakan provider seluler masih populer. Apalagi untuk HP sekarang, bila tidak ada kartu SIMnya rasanya agak kurang praktis.

Saat ini provider kartu SIM di Indonesia punya bermacam-macam paket internet yang sanggup kita pilih. Dan kian berjalannya waktu, harga yang ditawarkan semakin terjangkau, dengan kapasitas data yang ditawarkan semakin besar juga.

Dan belakangan ini tampaknya Paket internet unlimited semakin banyak kita temukan. Dan ini menyebabkan pertanyaan bagi para pengguna yang masih belum paham, apa arti dari Unlimited ini.


 Saat ini menggunakan provider seluler masih terkenal Otak-Atik Gadget -  Ini Penjelasan Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui


Walau gres terlihat banyak ditemukan belakangan ini, namun bersama-sama paket internet unlimited sudah ada semenjak tahun 2010 / 2011 kemudian (Kalau tidak salah), bahkan mungkin sudah ada di waktu-waktu sebelumnya.

Unlimited kalau diterjemahkan dari bahasa Inggris, artinya "Tidak terbatas".. Tapi benarkah tidak terbatas?

Nah, yang perlu diketahui adalah, pengertian unlimited ini bersama-sama dibagi lagi ke beberapa. Dan disini saya ingin membahasnya, untuk Anda yang barangkali belum paham.




1. Paket Internet Unlimited Kuota



Maksud unlimited kuota disini, ialah paket dengan kuota yang diakumulasikan ke waktu selanjutnya.

Misalnya, bulan januari Anda sanggup kuota 5GB, dan bila kuota tersebut habis, Anda tidak perlu khawatir, alasannya ialah bulan berikutnya (Februari) Anda akan mendapat lagi kuota 5GB.

Nah, pengertian ini bersama-sama sanggup benar sanggup tidak, tergantung darimana kita melihatnya. Secara kita masih menggunakan kuota reguler, namun alasannya ialah diakumulasikan, jadi sanggup dibilang juga sebagai paket unlimited.


2. Paket Unlimited Dengan FUP



Ini paket yang umumnya ditemukan ketika ini. Maksud FUP disini ialah fair usage policy atau kalau diterjemahkan artinya penggunaan wajar.

Sistem FUP ini biasanya menggunakan kuota. Kaprikornus paket internet sanggup dibilang tidak akan habis, namun ada batas tertentu, yang kalau habis, akan mengefek ke kecepatan internet.

Contoh mudahnya, contohnya saya beli paket unlimited dengan kecepatan tidak dibatasi, dan FUP 10GB. Ketika FUP masih ada, kecepatan yang biasa saya sanggup mampu mencapai 20Mbps. Namun sesudah FUP habis, kecepatan yang saya sanggup maksimal hanya 512KBps saja.



3. Paket Dengan Batasan Speed



Kalau tadi jenisnya kuota, nah ini jenisnya speed. Kaprikornus berbeda.

Maksud speed disini adalah, paket yang kita sanggup benar-benar unlimited tanpa batasan kuota. Namun speed yang kita sanggup terbatas, contohnya hanya 3Mbps.

Paket ini biasanya batasannya hanya masa aktif saja. Misalnya 30 hari. Ketika sudah melewati masa tersebut, maka paket otomatis akan berhenti.




4. Paket Dengan Masa Aktif Selama Waktu Tertentu



Untuk paket dengan masa aktif yang ini, biasanya tidak terikat dengan batasan speed, maupun kuota FUP.

Untuk yang ini agak jarang ditemukan, dan biasanya hanya ada dalam periode singkat. Misalnya 1 hari, 3 hari dan seterusnya.

Untuk saya pribadi, saya cukup menyukai paket jenis ini. Karena harganya biasanya relatif murah.


5. Unlimited Situs Tertentu



Nah, dan yang terakhir ini cukup umum ditemukan. Unlimited untuk situs tertentu, contohnya Youtube, Facebook, Instagram dan lain-lain. 

Maksudnya, disini kita sanggup bebas mengakses situs yang ditentukan tersebut kapanpun, tanpa batasan kuota maupun speed.

Biasanya paket ini di-bundling sebagai paket sampingan dari paket kuota reguler, atau sebagai promo pembelian tertentu.



Adakah paket yang benar-benar Unlimited?


Kalau ditanya ada nggak, jawabannya tentu saja ada. Entah itu paket unlimited dalam konteks FUP ratusan / ribuan GB, sampai paket yang benar-benar tanpa ada batasan, baik kuota maupun speed.

Contoh paling sering ditemukan ada di internet fiber. Biasanya paket yang tersedia sanggup dibilang benar-benar unlimited.

Dan alasannya ialah pembahasan disini ialah Internet seluler, untuk isu selanjutnya sanggup Anda cari di situs resmi provider yang dipakai.



Penutup...


Begitulah kurang lebih pembahasan perihal arti unlimited internet. Diharapkan dengan artikel ini Anda sanggup memahami jenis-jenis internet unlimited yang ada ketika ini, dan sanggup memperlihatkan isu yang bermanfaat.

Kalau ada yang perlu ditanya, kirim saja melalui kolom / kotak komentar dibawah.

Sekian.


0 Response to "Otak-Atik Gadget - Ini Klarifikasi Arti Paket Unlimited (Internet) Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel