Otak-Atik Gadget - Ini Beliau Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)

Pengertian Ebook - Siapa yang nggak tahu jenis buku digital ini? Hampir semua orang, terutama dari kalangan pelajar, mahasiswa dan dosen, memakai E-book sebagai acuan untuk keperluan mereka.

Dan alasan kebanyakan orang mulai beralih ke buku digital ini pun bermacam-macam. Namun kebanyakan alasannya lebih praktis, serta lebih gampang dibaca dimana-mana.

Ebook juga kini gampang sekali ditemukan. Dan bahkan toko-toko buku offline juga mulai menjual buku mereka dalam bentuk digital.


 Siapa yang nggak tahu jenis buku digital ini Otak-Atik Gadget -  Ini Dia Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)


Tapi.. bukan itu yang ingin aku bahas. Disini aku ingin menciptakan sedikit pembahasan perihal Ebook. Dari pengertian, jenis, fungsi dan formatnya.

Tujuannya?

Untuk sharing ke Anda, yang barangkali punya tugas, atau sekedar ingin tau soal E-book ini. Karena pembahasan menyerupai ini masih tidak banyak.

Langsung saja :


Pengertian Ebook


Ebook merupakan kependekan dari electronik book, yang kalau diterjemahkan artinya buku elektronik. Berbeda dengan buku fisik, Ebook sanggup kita buka dimanapun, asalkan kita mempunyai perangkat gadget menyerupai HP, Tablet, Laptop atau Komputer.

Dan untuk membukanya, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang namanya reader. Aplikasi ini berfungsi untuk membuka jenis-jenis format Ebook yang akan aku bahas nanti.

Oh iya, secara garis besar, baik itu buku fisik maupun digital dari sisi isi bekerjsama sama. Bedanya, kalau buku fisik berasal dari lembaran kertas, kalau Ebook berasal dari kumpulan data yang telah dibentuk sebelumnya.


Fungsi Ebook


Fungsinya bekerjsama sama saja menyerupai buku biasa. Yakni untuk sarana atau media pembelajaran atau hiburan.

Hampir semua orang sanggup menciptakan Ebook sendiri, dan isi yang kita sanggup juga akan mempunyai banyak sudut pandang berbeda. Kelebihannya disini kita sanggup mendapat ilmu baru, yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Oh ya, bukan hanya orang lain, Anda juga tentu saja sanggup membuatnya sendiri. Saya sendiri juga pernah menciptakan Ebook beberapa kali, walau hanya sekedar untuk mencoba 😃


Sejarah Ebook


 Siapa yang nggak tahu jenis buku digital ini Otak-Atik Gadget -  Ini Dia Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)


Sebenarnya, para penulis selama satu kurun terakhir telah memikirkan wangsit perihal Ebook (Jadi sudah usang sekali).

Nah, tapi gres pada tahun 1971, project gutenberg menciptakan Ebook, menyerupai yang biasa kita lihat sekarang. 

Dulu orang-orang gres sanggup membaca Ebook ketika perangkat Ebook Reader gampang ditemukan.

Tapi menyerupai yang diketahui, dengan perkembangan teknologi kini Ebook sudah gampang kita buka di perangkat-perangkat terbaru dikala ini.


Cara Pembuatan Ebook


Pada dasarnya baik Ebook maupun buku fisik punya tatacara pembuatan yang sama. Apalagi penulis kini juga sudah banyak yang menciptakan buku mereka melalui Laptop.

Dan untuk pembuatannya, kita membutuhkan sebuah software tertentu untuk mengetik. Misalnya menyerupai Microsoft Office Word.

Disini kita akan menciptakan terlebih dahulu Ebook. Mulai dari isi, dan elemen pendukungnya secara lengkap.

Setelah itu kita tidak mencetaknya, melainkan menyimpannya kedalam format tertentu, yang nantinya sanggup dibuka di Aplikasi reader.

Jika PC atau Laptop Anda sudah mempunyai Office, Anda sanggup melihat teladan cara menyimpan format dokumen menjadi Ebook di artikel berikut ini.


Jenis Format Ebook


Setiap file digital, selalu mempunyai format atau ekstensi tersendiri. Termasuk Ebook. Sebagai tambahan, disini aku juga ingin membahas hal ini :


PDF : Singkatan dari Portable Document Format yang dibentuk oleh Adobe, untuk produk aplikasi Acrobat. Ebook jenis ini sangat umum kita temukan, dan rata-rata dosen atau guru, juga ketika menawarkan Ebook biasanya formatnya PDF.

Text : Format .txt atau teks, bekerjsama jarang ditemukan. Namun masih ada sebagian orang yang menciptakan Ebook jenis ini, terutama kalau isinya simpel dan tidak membutuhkan elemen perhiasan menyerupai gambar atau sejenisnya.

JPEG : File ini yaitu file gambar. Mungkin Anda gres terpikir, bagaimana sanggup file gambar jadi Ebook? Nah, ini bisa. Dan biasanya, format ini yaitu hasil pengubahan dari format tertentu menyerupai PDF. Contohnya sanggup Anda baca di cara mengubah PDF ke JPG.

Lit : Format ini ditujukan untuk Microsoft Reader, dan sudah mendukung varian elemen perhiasan menyerupai pada umumnya (Misalnya gambar). Format ini populer dengan fontnya yang lezat dilihat dan gampang dibaca.

Docx : Docx yaitu format khusus untuk aplikasi Microsoft Word. Well, bekerjsama ini sanggup dikatakan Ebook, sanggup juga tidak. Namun tidak sedikit orang-orang yang menyebabkan format ini untuk Ebook mereka.

iBook : iBook umumnya sanggup kita temukan di produk Apple (Seperti iOS). iBook secara garis besar sudah mendukung banyak elemen perhiasan didalamnya, dimana kita juga sanggup menambahkan video.

HTML : HTML yaitu jenis bahasa jadwal dasar yang umum ditemukan di Internet. Untuk Ebook jenis ini, biasanya isi didalamnya yaitu sebuah informasi, entah itu berisi goresan pena panjang ataupun pendek.


Itu hanya sebagian saja dan yang umum saja. Untuk lengkapnya, sanggup baca di salah satu artikel Wikipedia.


Tujuan Ebook


 Siapa yang nggak tahu jenis buku digital ini Otak-Atik Gadget -  Ini Dia Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)


Tujuan Ebook sama saja menyerupai buku pada umumnya, yakni sebagai media informasi, terutama untuk mereka yang sudah familiar dengan teknologi. Berikut sedikit pembahasannya :


Media belajar : Untuk mereka yang masih pelajar atau mahasiswa, sanggup mendapat gosip perihal bidang yang mereka pelajari melalui Ebook.

Media bisnis : Untuk orang-orang kalangan bisnis, Ebook juga sanggup dibentuk sebagai media gosip produk yang mereka jual. Apalagi pembuatannya juga mudah, dan tidak memerlukan banyak biaya (Bahkan gratis).

Media promosi : Sama menyerupai sebelumnya, namun disini konteksnya lebih luas. Bisa sebagai promosi daerah / sekolah dan lain-lain.

Media wangsit baru : Kalau punya wangsit menarik tapi resah harus ditulis dimana, Ebook sanggup menjadi salah satu media yang sanggup digunakan, alasannya Anda bebas menuliskan apapun.

Media menyimpan data : Data-data yang telah Anda kumpulkan sebelumnya, sanggup disimpan juga kedalam format Ebook. Terutama kalau sebagian besar berisi goresan pena dan gambar.


Dan masih banyak lagi..


Penutup...


Demikian sedikit gosip perihal pengertian Ebook. Pembahasan ini aku buat selengkap mungkin untuk menambah pengetahuan bagi Anda yang barangkali ingin tahu.

Artikel ini juga mungkin sanggup dijadikan referensi, kalau Anda ingin menulis hal yang sama di website yang Anda miliki.

Dan kalau ada perhiasan yang kira-kira perlu, kirimkan saja saran Anda melalui form komentar yang tersedia dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - Ini Beliau Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel