Pengertian Peta Konsep Dan Contohnya

Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites, kali akan kami bahas pengertian peta konsep dan contohnya, apa itu peta konsep? ibarat apa contohnya? disini akan kami bahasa secara detil. secara tajam setajam silet, he. mungkin anda menemukan artikel yang akan saya buat ini wacana pengertian peta konsep dan contohnya, anda mendapat kiprah perkuliahan dari dosen, sebab saya dulu juga pernah mendapat kiprah untuk menciptakan sebuah peta konsep tersebut. jadi disini akan saya bagikan pengalamanku sekalian untuk para teman-teman blog tentangwebsites, semoga juga ada manfaatnya.

Yang namanya kuliah jikalau anda mendapat sebuah kiprah tentu di minta beberapa rujukan dari mana anda dapatkan wacana Pengertian peta konsep tersebut, jadi disini sekalian saya sediakan Pengertian peta konsep berdasarkan para jago beserta contohnya.

Pengertian peta konsep

Peta konsep ialah Sebuah citra yang menjelaskan struktur konsep-konsep yang saling berkaitan antar konsep yang lainnya yang menyatakan hubungan yang mempunyai makna atau arti dari sebuah bahan pelajaran sehingga membentuk sebuah proposisi.

Pengertian peta konsep berdasarkan para ahli

1. Menurut Suparno (2005 : 11) Menagatakan peta konsep ialah suatu citra skematis untuk mempresentasikan suatu rangkaian konsep dan kaitan antar konsep-konsep tersebut. Peta konsep juga merupakan kaitan antara konsep-konsep yang mempunyai arti dan makna tertentu.

Lebih lanjut Suparno selain menjelaskan wacana Pengertian peta konsep juga menjelaskan Pemetaan konsep, yaitu Pemetaan konsep merupakan suatu cara yang menawarkan konsep ilmu secara sistematis, yaitu dimulai dari inti permasalahan hingga pada potongan yang khusus yang masih mempunyai hubungan satu sama lain sehingga membentuk pengetahuan dan mempermudah pemahaman suatu topik pelajaran. Peta konsep dipakai untuk menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proporsi-proporsi.

2. Sedangkan berdasarkan Hudojo, et al (2002) mengemukakan peta konsep ialah keterkaitan antara konsep dan prinsip yang direpresentasikan bagai jaringan konsep yang perlu dikonstruk dan jaringan konsep hasil konstruksi inilah yang disebut peta konsep. Menurut Hudojo ini lebih mengartikan pengertian peta konsep secara konstruksi.

3. Menurut tokoh jago lainnya yaitu Corebima (2007 : 8) dalam pembelajaran dengan peta konsep, siswa sanggup membangun hubungan antar konsep-konsep bahan pokok, secara individu maupun kelompok. Dengan memakai cara mendapat pengetahuan ibarat ini.

Dengan begitu para siswa, mahasiswa serta lainnya yang masih ingin terus berguru akan selalu terpacu untuk menemukan sebuah hubungan antara konsep-konsep, meski di tiap tingkatan, dari yang paling umum hingga tingkat yang paling spesifik. Dengan peta konsep, siswa, mahasiswa membangun pemahaman mereka secara konsepatual, sehingga mereka sanggup meraih hasil berguru kognitif yang lebih tinggi dalam pembelajaran yang bermakna.

4. Pengertian lain wacana Peta konsep dalam (Dahar, 1989:123) Peta konsep ialah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu citra yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu bahan pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna.

Dari beberapa pengertian di atas, serta pengertian peta konsep berdasarkan para jago di atas saya rasa anda sudah cukup terang dengan apa itu Peta Konsep, dan kini langkah untuk contohnya. namun sebelum saya berikan contohnya penting untuk anda ketahui juga yaitu Langkah-langkah menyusun Peta Konsep, semoga anda juga sanggup menciptakan sebuah peta konsep sendiri.

Langkah-langkah meyusun peta konsep

Sedangkan untuk menciptakan sebuah peta konsep yang perlu anda lakukan sebelum membuatnya ialah sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi pokok Materi yang yang akan anda konsep
  2. Mengidentifikasi pandangan gres atau konsep sekunder sebagai pandangan gres utama.
  3. Tempatkan pandangan gres utama di samping, di tengah atau di puncak (Proese pemetaan)
  4. Penerapan konsep, dengan cara Kelompokkan pandangan gres sekunder di sekeliling pandangan gres utama yang secara visual)


Contoh Peta Konsep

Untuk Contoh peta konsep, disini saya telah praktik menciptakan sebuah peta konsep wacana Komputer misalnya, anda pun juga sanggup membuatnya sendiri di microsoft word, Microsoft powerpoint dan lainnya, jikalau anda paham dengan istilah bagan, ya itulah kira-kira dalam menciptakan sebuah peta konsep. yaitu sebagai berikut:

 Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites Pengertian peta konsep dan contohnya
Baiklah teman-teman blog tentangwebsites, demikianlah Pengertian peta konsep dan contohnya serta langkah-langkah untuk membuatnya, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian hingga jumpa salam. untuk panduan menciptakan peta konsep di aktivitas Microsoft word insyaallah akan saya bagikan pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Pengertian Peta Konsep Dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel