Cara Mengembalikan File Ms Word Hilang Belum Di Save

Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save, Hay teman, teman-teman blog tentangwebsites, saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan file hasil ketikan di lembar kerja Microsoft office word yang hilang padahal belum di save/tersimpan. Singkat cerita, artikel ini merupakan dari pengalaman pribadi Saat saya mengetik documen di Ms word, yang mana belum sempat di simpan dan tiba-tiba listrik mati atau padam. Hilanglah sudah pekerjaan yang telah saya kerjakan, padahal dalam mengetik sudah berjam-jam. Bagi teman-teman yang memakai laptop, notebook mungkin bukan problem besar mengingat laptop dapat bertahan dengan baterai. Tapi juga tidak menutup kemungkinan kalau salah menekan tombol close, terhapus secara tidak sengaja atau aplikasi tiba-tiba keluar sendirinya dan terjadi hang padahal belum juga di save.

Dari kasus diatas, saya pun mencari cara semoga dapat mengembalikan hasil ketikan saya di lembar ms word tadi. Bagi teman-teman yang mengalami problem serupa, Bisa mencoba tips berikut ini semoga tidak hilang pekerjaan yang sudah berjam-jam dikerjakan tadi.

Cara setting  semoga ketikan dokumen word tidak hilang

Sebelum melaksanakan pekerjaan mengetik pada lembar ms word, sebaiknya anda seting pengaturan pada Ms word semoga dapat melaksanakan auto save. Fitur auto save sudah ada di MS Word, tapi kebanyak orang tidak mengetahui cara mengaktifkan fitur ini. Jadi, Untuk mengaktifkannya, kita dapat melaksanakan pengaturan sebagai berikut ini.
1. Caranya silahkan buka lembar MS Word ( lakukan hal yang sama di MS. Excel, powerpoint, dll )
2.Klik file >option > pilih save> akan muncul sajian ibarat dibawah ini:

 Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save

Keterangan:
Di sini saya memakai Ms word tampilan pada windows 8, untuk tampilan ms word windows 7 dapat menyesuaikan saja, alasannya yaitu hampir sama ibarat di atas. Perhatikan yang di dalam kotak merah, lakukan pengaturan auto save untuk meminimalisir kehilangan dokumen.

3. Centang/ceklist pada sajian “ save AutoRecover information every “ ganti dengan 1 menit. Artinya, kalau kita mengetik dalam waktu 1 menit akan otomatis tersimpan documen ms word tersebut.
Kedua, centang pada sajian “ keep the last version if I close without saving “ kemudian pilih brows.. dan arahkan ke kawasan drive yang gampang ditemukan, contohnya di my documen. Pada langkah Ini untuk memudahkan kita nanti untuk mencari dokumen yang hilang tadi.
4. Jika sudah silahkan klik OK

Note: Pengaturan diatas lakukan sebelum mengetik, dan save dokumen walaupun belum selesai mengetik, nanti setiap 1 menit kita mengetik otomatis dokumen word akan tertimpa data gres yang sudah kita ketik. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaiman kalau sudah terlanjur hilang padahal pengaturan di atas belum kita lakukan? Simak jawabannya berikut ini:

Cara Mengembalikan file yang hilang sebelum setting auto save

Cara ini dilakukan kalau kita belum melaksanakan pengaturan autosave ibarat diatas. Dan hilang alasannya yaitu aplikasi MS. Word keluar paksa/mati lampu.
1. Langkah pertama, silahkan klik Start pada windows >> kemudian Klik Ms word yang ada di start sajian >> dan selanjutnya buka resent sesuai dengan dokumen yang telah kita ketik tadi. Seperti gambar di bawah ini.

 Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save Cara mengembalikan file ms word hilang belum di save

Di bab resent, akan tampil dokumen-dokumen word terakhir kita buka. Makara kita dapat mengembalikan file yang tadinya tertutup dari sini. Jika dengan cara ini tetap tidak dapat mengembalikan dokumen. Kita coba dengan cara selanjutnya yaitu mencari dokumen unsave recovery bawaan Ms word atau file asd. Caranya yaitu sebagai berikut ini.

Cara membuka asd file

Adapun cara membuka file asd atau dokumen word unsave recovery yaitu sebagai berikut:
  1. Klik start > buka computer > pilih ke drive C: > User > ( nama komputer/lamtop )
  2. Kemudian pilih AppData > Roaming > Microsoft > Word.
  3. Setelah membuka dengan di folder word, maka akan ada file yang berjulukan auto Recovery. Pilih sekiranya yang mana dokumen terakhir dibuka.
  4. Kemudian silahkan buka dengan Ms word. File ini tidak dapat eksklusif di klik 2x alasannya yaitu berekstensi  asd. Cara membukanya: buka aplikasi Ms word, kemudian Klik file tahan dan drag ke lembar kerja MS word.

Demikianlah Cara mengembalikan file ms word hilang padahal belum di save atau menyimpannya. Sehingga sehabis teman-teman membaca artikel ini dan melaksanakan langkah-langkah atau cara diatas, kalian dapat mengembalikan dokumen yang sudah di kerjaan dan belum sempat tersimpan. Cara ini dapat berjalan dengan baik, walaupun kadang tidak 100% kembali ibarat terakhir kata yang kita ketik. Dengan catatan file tidak rusak dan corrupt. Semoga artikel ini dapat menjadi refrensi teman-teman yang mengalami problem ketikan Ms word hilang alasannya yaitu keluar aplikasisebelum sempat menyimpannya. Simak artikel-artikel menarik lainnya Cara menghilangkan watermark pada file pdf
Penulis : +ari sumbodo
Admin : wahanarupa.com

0 Response to "Cara Mengembalikan File Ms Word Hilang Belum Di Save"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel