Otak-Atik Gadget - Cara Pakai Stik Ps Untuk Main Game Pc (Djamin Work)

Bagi sebagian gamer kini mungkin perangkat Keyboard + Mouse yaitu pilihan terbaik. Tapi perlu dicatat, tidak semuanya. Contohnya gamer konsol, mereka niscaya lebih menentukan menggunakan joystick untuk bermain game.

Memang, ada beberapa jenis game yang relatif lebih lezat dimainkan dengan stik. Misalnya game PES, game balap dan beberapa jenis game lainnya.

Bicara soal stik, kalau di PC kita biasanya membeli stik khusus PC yang portnya sudah USB. Tapi tahukah teman kalau stik PS juga dapat digunakan untuk PC?


 Bagi sebagian gamer kini mungkin perangkat Keyboard  Otak-Atik Gadget -  Cara Pakai Stik PS Untuk Main Game PC (Djamin Work)


Ya, stik PS memang dapat digunakan di PC. Dan ini berdasarkan aku cukup menguntungkan, apalagi kalau teman punya konsol juga. Kaprikornus dapat menghemat uang tanpa perlu beli stik gres lagi.

Nah, tapi lantaran colokannnya beda, kita perlu sebuah alat khusus untuk menyambungkannya. Alat ini dinamakan converter, dan bentuknya kurang lebih menyerupai ini :

 Bagi sebagian gamer kini mungkin perangkat Keyboard  Otak-Atik Gadget -  Cara Pakai Stik PS Untuk Main Game PC (Djamin Work)


Menggunakan converter tersebut, stik akan dapat pribadi disambung ke Komputer atau Laptop via USB.

Harga converternya sendiri relatif terjangkau, sekitar 25 ribu hingga 50 ribu rupiah. Sobat dapat mencarinya di toko komputer terdekat, atau beli lewat marketplace online menyerupai Tokopedia atau Bukalapak.

Oh iya, bentuk fisik dari converternya berbeda-beda. Contohnya selain menyerupai foto diatas, ada converter yang berwarna biru. Tapi secara fungsi sama saja.


Cara Main Game PC Dengan Stik PS


Setelah teman beli converternya, tidak perlu usang lagi. Sobat dapat pribadi menyambungkan stik tersebut ke PC atau Laptop yang dipakai. 

Jika sudah, lanjut buka game yang diinginkan, masuk ke pengaturan gamenya dan silakan atur stik PSnya disana. Atau pola praktis menyerupai setting di PES 2019 berikut :


 Bagi sebagian gamer kini mungkin perangkat Keyboard  Otak-Atik Gadget -  Cara Pakai Stik PS Untuk Main Game PC (Djamin Work)


Oh iya, ketika disambung, biasanya stik akan pribadi plug and play alias dapat berjalan tanpa driver.

Perlu diingat juga, tidak semua game support joystick, sehingga kadang stiknya tidak terdeteksi. Untuk itu teman harus memastikan dulu support tidaknya. 

Nah, kalau teman yakin kalau gamenya sudah support tapi tetap tidak terdeteksi, itu artinya teman memerlukan sebuah software tambahan. Salah satu yang paling sering pakai 360CE. Caranya gampang, silakan baca artikel ini.

Karena untuk game sekarang, memang hanya stik tertentu saja yang sudah 100% support. Nah, dengan 360CE, stik yang digunakan akan diadaptasi kembali, sehingga nanti akan jadi terbaca.


Question and Answer (Pertanyaan dan jawaban) :

  • Q : Ini dapat semua game?
  • A : Hampir dapat semua game. Kalau ada yang tidak bisa, teman tinggal pakai aplikasi 360CE menyerupai yang aku bilang tadi.

  • Q : Bedanya apa sih sama stik biasa?
  • A : Sama saja, lantaran inputnya akan berubah jadi terdeteksi USB. Sobat juga dapat kok pakai stik biasa.

  • Q : Cara cek stik sudah tersambung bagaimana?
  • A : Ketika stik disambung, teman akan melihat jendela "Installing converter", itu dinantikan saja hingga selesai. Setelah itu teman dapat menekan tombol analog dan lihat lampunya. Jika sudah menyala maka stik sudah dapat dipakai.
  • A : Tambahan, jendela "Installing converter" biasanya hanya muncul sekali ketika pertama kali disambung saja. Setelahnya, Windows akan dapat mendeteksi pribadi conveter tersebut dengan cepat.

  • Q : Untuk stik PS berapa ya?
  • A : Untuk ketika ini yang gres di tes hanya stik PS2 dan PS3 saja. Hasilnya berjalan lancar tanpa masalah. Kalaupun ada cara perbaikinya juga relatif mudah.

  • Q : Kenapa tombolnya tertukar ya? Segitiga jadi kotak, lingkaran jadi segitiga.
  • A : Kalau tertukar, bukan pengaturan stiknya yang salah, tapi dari gamenya. Karena ada beberapa jenis stik yang punya konfigurasi berbeda, sehingga harus diatur kembali kalau belum terbiasa. Caranya tinggal sesuaikan di setting game, atau kalau pakai 360CE dapat pribadi diatur disana.

  • Q : Stik aku tidak terbaca?
  • A : Mungkin stik atau converternya rusak. Silakan di cek kembali.

  • Q : Waktu disambung, ada pesan USB not recognized?
  • A : Sama menyerupai sebelumnya, mungkin salah satu perangkat ada yang rusak. Silakan di cek kembali. Atau dapat juga disebabkan lantaran driver yang error dan sejenisnya. Lengkapnya baca di mengatasi USB not recognized.


Penutup...


Demikian sedikit isu ihwal cara menggunakan stik PS untuk main game PC. Bisa disimpulkan, caranya tidaklah sulit. Bahkan aku settingnya hanya butuh beberapa menit saja, hingga game dapat dimainkan.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, pribadi saja kirimkan lewat kotak komentar dibawah. Entah itu seputar topik ini, atau game.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - Cara Pakai Stik Ps Untuk Main Game Pc (Djamin Work)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel