Otak-Atik Gadget - Apa Sih Arti Po? Ini Klarifikasi Dan Pola Lengkapnya

Di internet, entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya, istilah PO sering sekali muncul. Terutama di sosial media, Anda sanggup melihat kata ini di grup tertentu.

Bukan hanya di bidang bisnis online, kalau Anda sedang ingin membeli barang di internet (Belanja online), Anda juga akan melihat istilah ini di toko-toko tertentu.

Pertanyaannya adalah.. Apa itu PO? Apa sih artinya? Dan Bagaimana Penjelasannya? Nah, ini ingin aku bahas disini..

 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Otak-Atik Gadget -  Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya

PO sebetulnya bukan berarti 1 pengertian saja. Karena istilah ini mempunyai 3 kepanjangan, yaitu Pre-order, Payout, dan Purchase order.

Tentunya hal ini mempunyai klarifikasi tersendiri, tergantung Anda kira-kira istilahnya 'pas' sama yang mana.

Nah, kalau benar salah satu dari ketiga kepanjangan tadi ialah yang Anda cari, silakan baca pembahasan penjelasannya dibawah ini :




1. Payout


 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Otak-Atik Gadget -  Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya


Payout ialah istilah yang bekerjasama dengan pembayaran yang diterima. Singkatnya, contohnya Anda mempunyai saldo sebesar 3 juta rupiah, kemudian Anda ingin menarik / mencairkan uang tersebut. Nah, ini disebut Payout.

Istilah ini sangat akrab kaitannya dengan jual beli online, maupun dunia bisnis online, yang biasanya seseorang menyimpan saldo cash mereka disana.

Kalau Anda ingin mengetahui contohnya, coba gabung ke grup 'Adsense Indonesia', kemudian tunggu tanggal 21 setiap bulannya. Bukan sulap, disana muncul banyak kata 'PO'.




2. Pre-order


 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Otak-Atik Gadget -  Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya


Pre-order ialah istilah yang banyak ditemukan di dunia jual beli online. Maksud PO disini adalah, sistem dimana kita memesan dan membayar barang yang kita inginkan terlebih dahulu, tapi di sellernya barang belum ada.

Kemudian kita akan diberi estimasi kapan barang sampai. Dan dikala sudah ada, barang tersebut akan eksklusif dikirim ke alamat yang telah kita.

Contoh Pre-order disini sanggup Anda lihat dikala sedang Launching HP-HP tipe tertentu. Apalagi yang sedang tren. Supaya nggak kehabisan atau ingin nggak repot, banyak orang yang melaksanakan 'PO'.

Kelebihan lain dari melaksanakan PO (Pre-order), biasanya kita sanggup membeli barang lebih murah. Ditambah, biasanya terdapat juga bonus-bonus tertentu, yang tidak ada pada barang ready stock.

Namun untuk orang yang kurang sabar, mungkin sistem ini kurang cocok. Karena masa tunggunya sering variatif, dan sanggup usang hingga berbulan-bulan. 




3. Purchase Order



 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Otak-Atik Gadget -  Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya


Dan yang terakhir ialah Purchase Order. Walau kebanyakan digunakan perusahaan, namun istilah ini masih sangat bekerjasama dalam bidang jual beli online, walaupun yah tidak begitu sering.

Maksud Purchase Order disini adalah, sebuah form (dokumen) yang dibentuk oleh buyer (Pembeli), tujuannya untuk mencatat barang apa saja yang ingin mereka beli, yang kemudian form tersebut dikirim ke penjual.

Selain jumlah dan jenis barang, dalam form ini biasanya tercatat rincian wacana total harga, nama pembeli (Atau diwakilkan perusahaan), tanggal order, dan dalam ketentuan tertentu biasanya juga termasuk diskon.

Kalau Anda pernah melaksanakan transaksi jual beli online, yang dikala selesai membayar terdapat Invoice (Bukti tagihan), Purchase Order ini kebalikannya dari Invoice.




Apakah itu saja?


Iya, untuk sementara itu saja. Karena definisi istilah 'PO' ini sebagian besar (Yang paling banyak dipakai) hanya pre-order, purchase, dan Payout. Anda sanggup cek sendiri di Google, banyak website membahas hal yang sama, dan rata-rata pembahasannya sama ibarat 3 poin diatas.

Tapi untuk bidang lain, bukan mustahil ada pengertian lain. Namun alasannya ialah disini aku lebih memfokuskan tema ke bisnis dan jual beli online, maka aku tidak melebarkan lagi pembahasannya.


Penutup...


Demikian, artikel wacana arti PO, klarifikasi dan contohnya. Semoga warta ini sanggup bermanfaat untuk Anda yang belum paham, padahal sering dengar.

Kalau ada yang ingin diketahui, atau perlu klarifikasi detail wacana ini, jangan ragu untuk mengirimkan komentar Anda melalui form komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - Apa Sih Arti Po? Ini Klarifikasi Dan Pola Lengkapnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel