Otak-Atik Gadget - 9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian - Bagi para pengguna Laptop, keyboard error itu yaitu salah satu dilema yang paling dihindari.

Bagaimana nggak, sifat laptop yang portable akan jadi nggak portable lagi. Karena kita harus menggunakan keyboard eksternal pengganti.

Well, saya juga pernah mengalami ini di Laptop saya beberapa kali. Yang bikin saya susah itu waktu digunakan ngetik dan game. Huruf-huruf tertentu nggak bisa ditekan.


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Penyebab dari keyboard Laptop yang tidak jalan sebagian ini ada beberapa.. Tapi biasanya bersahabat kaitannya dengan error software dan dilema pada keyboardnya sendiri.

Misalnya :

  • Driver tertentu nggak berjalan dengan normal
  • Keyboard terkunci 
  • Keyboard error alasannya yaitu ketumpahan air
  • Terdapat kotoran melekat di sela-sela keyboard
  • Karet tuts (Tombol) yang sudah agak rusak
  • Komponen keyboard mengalami kerusakan
  • Umur laptop yang sudah tua



Nah, hal-hal tersebut sangat berpengaruh. Dan mungkin saja, Anda sedang mengalami salah satu dari penyebab diatas.

Untuk mengatasinya, disini saya ingin membahas cara memperbaiki keyboard laptop tidak bisa dipencet sebagian.

Karena menyerupai yang saya bilang tadi, kebetulan dulu saya pernah mengalaminya. Siapa tahu berhasil diterapkan di laptop Anda.


Cara Mengecek Tombol Keyboard Yang Error (Tambahan)


Sebelum lanjut, untuk mengecek (Apakah benar) Anda mengalami dilema ini, Anda harus mengetes terlebih dahulu fungsi tombol keyboardnya.

Caranya, bisa menggunakan aplikasi tertentu. Misalnya lewat situs www.keyboardtester.com.

Silakan kunjungi situs tersebut, dan periksa tombol apa saja yang error? Hasilnya nanti akan kita pakai di salah satu cara dibawah.


  • Note : Untuk semua brand laptop (ASUS, Acer, Toshiba, Lenovo, Dell, MSI, HP, dll


1. Restart Laptop Anda


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Merestart laptop bisa Anda lakukan untuk memperbaiki dilema ini. 

Karena beberapa dilema keyboard laptop tidak berfungsi, bisa imbas tidak sengaja ter-disable atau dari aplikasi tertentu.

Selain restart, bisa juga matikan laptop sementara, lepas baterainya selama beberapa menit, pasang kembali kemudian nyalakan.


2. Pastikan Keyboard Laptop Tidak Terkunci


Pastikan keyboard laptop tidak terkunci - ini penting sekali.

Kurang lebih sama menyerupai sebelumnya, namun ini bukan alasannya yaitu terdisable (Nonaktif) melainkan lock (terkunci). Dan imbas terkunci disini bisa ditemui diseluruh tombol keyboard, atau sebagian tombol saja.

Untuk cara memastikan / mengatasi hal ini, saya sudah bahas di artikel khusus cara mengatasi keyboard laptop terkunci. Silakan cek disana.


3. Cek Aplikasi Driver Yang Sebelumnya Terinstall


Pernahkah Anda menginstall driver tertentu? Atau mungkin keyboard Anda punya fitur khusus, yang harus diinstall driver dulu? Nah ini mesti di cek. Karena bisa juga jadi salah satu penyebabnya.

Caranya mudah saja, pertama, coba ingat-ingat adakah driver yang sebelumnya diinstall? Kedua, jikalau ada, silakan hapus dulu driver keyboard laptop Anda.

Untuk cara hapusnya bisa dilakukan menyerupai biasa. Kemudian coba gunakan aplikasi semacam CCleaner untuk membersihkan sisa-sisa registry yang ada (Supaya bersih).


4. Reinstall Driver Keyboard Laptop


Terdengar sama menyerupai sebelumnya, namun pembahasan disini yaitu driver pada device manager, bukan driver aplikasi yang diinstall.

Makara begini, semua perangkat pada laptop itu akan otomatis terdeteksi di device manager, dan disana akan terinstall driver (bawaan) tertentu.

Nah, disini saya sarankan untuk reinstall driver tersebut, alasannya yaitu bisa menciptakan keyboard laptop jadi di refresh kembali.

Caranya buka device manager (Melalui kolom search)


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Buka pada opsi keyboard >> pilih salah satu (Yang mana saja)

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Lalu klik update driver software.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Selanjutnya ikuti saja langkah-langkah yang ada.

5. Periksa Tombol Numlock


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Apa hubungannya tombol numlock sama dilema ini? Sebenarnya sangat bekerjasama lho.

Saya dulu pernah, saat mengetik tiba-tiba beberapa karakter di laptop jadi tidak berfungsi.

Pusing nyari penyebabnya, beberapa waktu kemudian, saya nggak sengaja menonaktifkan tombol numlock, akhirnya jadi jalan lagi hehe.

Silakan dicoba dulu..


6. Pastikan Keyboard Laptop Tidak Tertukar


"Bahasan disini kan tidak berfungsi? Bukan tertukar?"

Well, bekerjsama tombol keyboard laptop tertukar juga bisa menciptakan seakan-akan keyboard tidak bisa ditekan sebagian.

Misalnya, saat karakter WASD tertukar dengan tanda panah, apa yang terjadi? Yup, sekilas memang terlihat nggak berfungsi.

Selain dilema terkunci tadi, untuk mengatasi hal ini saya juga sempat membahasnya, di salah satu artikel yang saya publish. Silakan cek mengatasi keyboard laptop tertukar


7. Bersihkan Keyboard Laptop Anda


Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Otak-Atik Gadget -  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian


Keyboard laptop kotor, bisa mengganggu fungsi keyboard, dan bisa menciptakan beberapa (bahkan semua) tombol menjadi susah ditekan, atau tidak bisa ditekan sama sekali. 

Nah, disini coba dulu bersihkan tombol Keyboard laptop Anda menggunakan kain. Setidaknya biar bubuk yang menempelnya hilang.

Dan jikalau Anda sudah menggunakan aplikasi Keyboard Tester yang sempat kita bahas sebelumnya, Anda bisa fokus ke tombol yang tidak jalan saja.

Sebenarnya disini lebih direkomendasikan untuk melepas tombol yang errornya, kemudian bersihkan papan dibawah rubber (karet) keyboardnya.

Namun ini kurang disarankan untuk Anda yang belum pernah melakukannya, alasannya yaitu jikalau salah, pengaitnya bisa lepas dan tidak bisa dipasang lagi.


8. Cek Konektor Keyboard Laptop


Di laptop, terdapat suatu konektor yang berfungsi untuk menghubungkan keyboard biar bisa berfungsi. Dan nggak jarang, jikalau konektor tersebut kotor, lepas atau nggak pas.

Untuk memperbaiki hal ini, kita harus mengecek konektor tersebut, melepasnya kemudian memasangnya kembali hingga benar-benar pas.

Namun alasannya yaitu harus bongkar, mungkin Anda bisa menggunakan cara selanjutnya..


9. Service Laptop


Kalau masalahnya ada di komponen dan Anda belum bisa memperbaikinya sendiri, saya lebih menyarankan untuk membawanya ke service center.

Misalnya menyerupai dilema pada konektor tadi, ini bekerjsama dilema mudah (Bagi teknisi). Tapi tetap saja, jikalau belum pengalaman, justru nanti bisa menciptakan keyboard malah tidak bisa digunakan lagi.

Untuk biayanya setahu saya gratis (Kalau masih garansi). Dan jikalau mesti ganti keyboard, mungkin sekitar 200 - 400 ribu rupiah.


Penutup...


Demikian artikel perihal 8 cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Mungkin tutorial ini bisa dibilang beberapa agak sulit untuk diterapkan. Makara Anda lakukan semampu yang Anda bisa saja.

Sedikit saran, jikalau memang keyboard laptopnya rusak tapi belum ada biaya buat ganti, Anda pakai keyboard eksternal dulu. Harganya juga murah (Sekitar 30 - 40 ribuan rata-rata). 

Keyboard eksternal ini dijamin akan terbaca, alasannya yaitu menggunakan port USB sebagai media untuk menyambungnya. 

Paling nanti agak repot jikalau laptop dibawa-bawa. Seperti yang saya sempat bilang tadi hehe..

Kalau ada yang mau ditanya, silakan tulis dan kirimkan melalui kolom komentar, yang telah disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - 9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel