Otak-Atik Gadget - 6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Dapat Print Paling Ampuh

Word tidak bisa print - Memakai Microsoft Word untuk mengetik, memang jadi kebiasaan yang sudah ada semenjak dulu. Dari jaman Windows XP, Microsoft Word memang sering digunakan untuk keperluan ketik, cetak, dan print.

Hingga kini pun, Microsoft Word masih digemari dan belum ditinggalkan. Apalagi dengan terus updatenya versi baru, serta belum ada tentangan yang bisa menyaingi kegunaan dan fungsi dari Microsoft Word ialah 2 dari sekian alasannya.

Memakai Microsoft Word, bukan berarti selalu lancar. Ada beberapa persoalan yang mungkin pernah dialami oleh para penggunanya.. Salah satunya tidak bisa save, dan tidak bisa print.

 memang jadi kebiasaan yang sudah ada semenjak dulu Otak-Atik Gadget -  6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Print Paling Ampuh


Dokumen yang tidak bisa di print ini masuk kedalam persoalan dasar, lantaran memang sering terjadi di Microsoft Word. Normalnya, ketika kita selesai mengetik dan mereview sebuah dokumen, kita bisa gampang memprintnya dengan cara meng-klik CTRL + P..

Namun, beberapa persoalan muncul ketika proses tersebut. Contoh yang paling sering ialah tidak adanya respon pada printer.

Ini bekerjsama bisa disebabkan lantaran 2 hal.. Karena Printer atau MS Wordnya itu sendiri.

Untuk mengatasinya, mungkin beberapa cara berikut bisa membantu Anda. Tapi saya katakan sebelumnya, cara ini tidak 100% Work, lantaran tiap error itu beda-beda penyebabnya.




Langsung saja, berikut cara mengatasi MS Word Lembar tidak bisa di print, yang saya pakai ketika sedang ingin print hasil daftar isi dokumen word.


1. Run As Administrator MS Word


Yang biasa kita lakukan ketika membuka Microsoft Word, ialah dengan membukanya pribadi tanpa melaksanakan 'Run As Administrator' terlebih dahulu. Memang tidak masalah, tapi mungkin di beberapa bencana akan menimbulkan pesan "Word Cannot Print Because There Doesn't Seem to be Printer installer".

Run As Administrator ini fungsinya untuk menciptakan aplikasi yang berjalan dari mode user biasa, ke mode admin.. Sehingga MS Word jadi bisa menerima jalan masuk full ke sistem.

Cara melakukannya mudah..  Cukup klik kanan MS Word >> Klik Run As Administrator.. Lalu coba print kembali.

 memang jadi kebiasaan yang sudah ada semenjak dulu Otak-Atik Gadget -  6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Print Paling Ampuh


2. Copy Dokumen Ke Software Lain


Cara gampang kalau dokumen tidak bisa di print, Anda bisa mencoba untuk menyalin seluruh isi dokumen yang telah diketik tadi ke software lain, kemudian coba print disana.

Ini tidak mengecewakan ampuh, kalau memang error yang terjadi bukan ada di printer, melainkan ada di MS Wordnya sendiri.

Walau jarang ada software mengetik yang komplit menyerupai Microsoft Word, namun cukup banyak software-software office yang masih bisa digunakan.. Termasuk untuk kebutuhan ngeprint.

Anda bisa mencari referensinya di internet, atau paling mudah, Anda bisa mencoba Wordpad (Program bawaan Windows) kalau tersedia di Windows Anda.

Caranya? Klik start >> search >> ketik Wordpad

 memang jadi kebiasaan yang sudah ada semenjak dulu Otak-Atik Gadget -  6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Print Paling Ampuh



3. Convert ke PDF


Sebenarnya ini masih berafiliasi dengan cara sebelumnya, namun terbilang lebih mudah. Anda bisa mencoba untuk save dokumen yang telah diketik tadi >> kemudian mengubahnya kedalam format PDF..

..Lalu print hasil PDF tersebut, menggunakan aplikasi PDF viewer dan sejenisnya.

Kelebihan dari cara ini adalah, Anda tidak perlu mengedit-edit isi dari dokumen hasil ketikkan. Sehingga isinya tidak akan berubah.

Nah, untuk convertnya.. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan aplikasi converter PDF atau mengconvertnya pribadi via web. Karena berbagai website yang menyediakan akomodasi word ke PDF yang bisa Anda gunakan.


4. Atur Service.msc


Ini cara usang yang digunakan beberapa orang untuk mengatasi Word susah di print. Siapa tahu work untuk Anda.. Caranya :

1. Klik start >> ketik RUN

2. Ketikkan Services.msc kemudian klik enter
3. Kemudian cari konfigurasi Print Spoiler. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa mengetik karakter P, atau mengetik karakter P dan R dalam jeda yang singkat.

4. Klik konfigurasi tersebut.

5. Perhatikan belahan startup type. Pastikan settingnya ada di Automatic. Jika tidak, silakan diubah dulu..

6. Pada belahan service status, pastikan statusnya dalam keadaan started atau running. Jika belum, Anda cukup klik tombol Start untuk menjalakannya.

 memang jadi kebiasaan yang sudah ada semenjak dulu Otak-Atik Gadget -  6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Print Paling Ampuh


7. Klik OK, kemudian coba print lagi.


5. Reinstall Microsoft Word


Reinstall Microsoft Word, ialah opsi terbaik untuk mengatasi kalau ada fitur yang tidak bisa aktif / error ddalamnya.

Saya sendiri pernah menyarankan hal tersebut di artikel ;Cara mengatasi Word tidak bisa save' diatas, dan cukup ampuh untuk mengatasinya. 

Silakan uninstall terlebih dahulu MS Wordnya.. Kemudian install kembali menyerupai biasa. Nah, ada baiknya juga Anda menggunakan cara hapus higienis aplikasi pada Windows di artikel usang saya : Cara Menghapus Bersih Aplikasi / Software pada PC Laptop.


6. Periksa printer


Terakhir, kalau belum bisa, kemungkinan besar printer Anda bermasalah. Printer bermasalah memang kadang sulit diketahui. Namun, kalau dengan 5 cara diatas word masih belun juga mau ngeprint, maka bisa jadi printernya yang jadi penyebabnya.

Kerusakan printer sendiri ada bermacam-macam. Ada yang tidak mau merespon, ada yang tidak terbaca, bahkan ada yang tidak berjalan sama sekali.

Untuk langkah awalnya, silakan cek kabelnya terlebih dahulu, pastikan sudah tersambung kuat. Reinstall driver printer, dan terakhir lakukan reset printer biar jadi menyerupai sedia kala.


Penutup....

 

Nah, demikian sedikit tutorial wacana cara mengatasi Microsoft Word halaman tidak bisa di print. Penyebab persoalan ini memang banyak sekali.. Namun, 6 cara diatas ialah 6 cara umum yang bisa saya pikirkan untuk mengatasinya.

Diharapkan, dengan cara ini dokumen Anda yang belum terprint tadi bisa terprint dengan normal kembali.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - 6 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Dapat Print Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel