Otak-Atik Gadget - 3 Cara Mengecek Touchscreen Hp Android Masih Normal Atau Tidak

Touchscreen, merupakan komponen penting dari HP Android. Karena rata-rata semua HP Android kini sudah mengusung layar ini.

Bicara soal touchscreen, jikalau HP Anda sedang mengalami error contohnya ibarat layar tidak dapat disentuh sebagian atau layar HP bergerak sendiri, ada kemungkinan layar HP Anda mengalami kerusakan.

Untuk itulah Anda harus mengecek touchscreen HP Android Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih normal atau tidak.


 merupakan komponen penting dari HP Android Otak-Atik Gadget -  3 Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal Atau Tidak


Untuk mengecek touchscreen HP, sejauh yang saya tahu ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Tapi, kalau saya sendiri ada 3 cara yang biasa saya pakai.

Nah, disini saya ingin membahas 3 cara tersebut, untuk Anda yang barangkali sedang membutuhkannya. Bukan hanya untuk mengecek layar error saja lho, pengecekan ini juga mempunyai kegunaan jikalau Anda sedang ingin membeli HP bekas atau mau menjual HP.

Langsung saja, berikut caranya :

    Daftar Isi
  1. Cek Touchscreen Dengan Kode Rahasia
  2. Menggunakan Aplikasi
  3. Cek Memakai Aplikasi Menggambar

 

1. Cara Mengecek Touchscreen HP Android Dengan Kode Rahasia



 merupakan komponen penting dari HP Android Otak-Atik Gadget -  3 Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal Atau Tidak

Di HP Android, ada beberapa isyarat diam-diam yang dapat dipakai. Contohnya ibarat mengecek IMEI, melihat warta tipe HP hingga mereset HP.

Nah, di HP Android juga ada satu isyarat yang berfungsi untuk mengecek fungsi HP, ibarat mengecek getar, panggilan suara, headset, touchscreen dan lain-lain. Kode inilah yang akan kita pakai.

Saya sendiri paling sering menggunakan cara ini di HP saya. Caranya begini :


  • Buka HP Anda >> Buka Dial Pad >> kemudian tekan isyarat *#0*#* atau #*#0*#*#*

  • Jika sudah, akan muncul jendela Touchscreen Test. Silakan lakukan pengecekan touchscreen disana hingga selesai, untuk mengetahui layar masih normal atau tidak.



2. Cara Cek Touchscreen HP Dengan Aplikasi



 merupakan komponen penting dari HP Android Otak-Atik Gadget -  3 Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal Atau Tidak


Untuk beberapa tipe HP, dua isyarat diam-diam tadi mungkin tidak bekerja. Saya sendiri sudah mengeceknya di beberapa HP, dan memang ada yang work dan ada juga yang tidak. Karena itu, solusinya kita dapat menggunakan Aplikasi.

Di Playstore sendiri ada beberapa aplikasi pengecek touchscreen yang dapat Anda coba pakai. Anda dapat memilihnya sesuai keinginan, sebab intinya fungsinya kurang lebih sama.

Caranya ibarat berikut :

  • Pertama, silakan install terlebih dahulu aplikasi pengecek touchscreen yang Anda suka.

  • Kemudian pribadi saja cek touchscreennya di aplikasi tersebut. 


Cara pakainya kurang lebih sama ibarat menggunakan isyarat rahasia. Anda tinggal menekan ke seluruh kepingan layar.



3. Mengecek Touchscreen Dengan Aplikasi Gambar



 merupakan komponen penting dari HP Android Otak-Atik Gadget -  3 Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal Atau Tidak


Banyak yang belum tahu, kalau bekerjsama aplikasi untuk menggambar (Di HP Android) juga dapat digunakan untuk mengecek touchscreen.

Alasannya, sebab cara kerja dari aplikasi gambar ini ibarat mirip dikala kita ingin melaksanakan pengecekan touchscreen. Yakni kita biasanya kita menekan layar, kemudian mengusapnya untuk menciptakan gambar.

Kaprikornus sama ibarat sebelumnya, disini Anda tinggal mencari aplikasi menggambar yang Anda suka. Tapi sebisa mungkin cari yang punya fitur 'Full screen' semoga seluruh kepingan layar dapat disentuh dan dicek.


Perlu Dicatat


3 cara diatas hanya untuk melaksanakan pengecekan dalam software. Nah, selain dari software Anda juga harus mengecek dari hardware / pribadi di layarnya. Misalnya barangkali ada garis di LCD atau mungkin ada retak.

Bukan tanpa alasan, sebab walau kadang tidak berpengaruh, dalam jangka waktu tertentu ini dapat menciptakan layar mengalami error lain. Misalnya ibarat layar jadi abu-abu, blank putih atau hitam (Blackscreen).

Catatan ini khusus untuk Anda yang ingin membeli HP bekas. Tapi untuk yang ingin jual HP, saya pikir Anda sudah tahu kondisi HP Anda sendiri.


Penutup...


Demikian sedikit warta ihwal cara cek touchscreen HP. Cara ini dapat dibilang universal, dapat digunakan untuk HP Samsung, Lenovo, Vivo, Sony, Advan, termasuk cara cek touchscreen ASUS dan cara cek touchscreen Xiaomi.

Pengecekan touchscreen ini bekerjsama hanyalah salah satu dari beberapa cara cek kerusakan HP Android. Karena itu, selain touchscreen lebih baik Anda cek juga komponen-komponen lainnya ibarat baterai, kamera, bunyi dan lain-lain.

Jika ada pertanyaan seputar hal ini, silakan kirimkan melalui kotak komentar yang ada dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Otak-Atik Gadget - 3 Cara Mengecek Touchscreen Hp Android Masih Normal Atau Tidak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel