Cara Mengatasi Error #Ref! Pada Emis Excel

Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel, Baiklah para sahabat setia blog tentangwebsites, sekaligus bagi anda yang kebetulan seorang operator data emis, yang notabene mengalami kesulitan ketika pengisian emis excell, idak menutup kemungkinan anda akan mengalami yang namanya arahan error menyerupai cek lagi, Error #REF! dan lain sebagainya, untuk mengatasi persoalan peringatan "Cek lagi" pada data emis mungkin gampang sekali semisal data tangal lahir siswa Mts/SMP yang telah terisi lengkap terdapat peringatan"Cek lagi" pada kolom validasi, maka kemungkinan besar tahun yang anda masukkan salah, semisal tahun lahir siswa yaitu 2002 dan anda isi dengan 1902, tentu sistem akan curiga dengan tahun lahir pada anan yang masih berjenjang Mts/SMP tersebut, dan cara mengatasinya yaitu dengan cara merubah tahun saja pada kolom pengisian, sesudah anda rubah kolom pengisian pada emis tersebut maka peringatan "Cek lagi" nanti akan eksklusif menjadi "OK" bahagia kan, jikalau kolom validasi terbaca "OK" ^-^

Lalau bagaimana jikalau peringatan error tersebut berupa arahan #Reff!? maka disini akan saya uraikan penyebab serta cara mengatasinya arahan error tersebut.

Penyebab Error #REF! pada Emis Excel

Salah satu penyebab adanya peringatan error #Reff! tersebut yaitu alasannya yaitu kodenya tertukar dengan kolom lainnya, semisal kolom B:5 tertukar dengan data excel B:12, Sehingga anda sanggup mengatasinya dengan cara memperbaiki kode-kode tersebut secara manual. namun pada form emis excell data tersebut telah di protect oleh system sehingga kode-kode tersebut tidak sanggup kita temukan. namun anda jangan khawatir, sesudah saya utak-atik itu form excel emis dan ahirnya saya menemukan juga cara membuka protectsinya, dan akan saya bagikan sekalian kepada para teman-teman yang kebetulan seorang operator Emis, mengingat sulitnya untuk pendataan emis excel di lembaga/sekolah anda dan supaya cepat selesai.

Cara unprotect data emis excel

Cara ini berdasarkan pengalamanku pribadi, ketika saya galau tidak karuan dengan arahan #Reff! tersebut yang tidak lezat banget di pandang jikalau nagkring di excel emis, sehingga saya menuju ke form validasinya dan saya klik sempurna pada kolom dan baris yang terdapat arahan error #Reff! tersebut dan di sinilah saya menemukan sajian "Unprotect" jadi silahkan anda klik kanan dan pilih "Unprotect" jikalau anda tidak menemukan sajian "Unprotect" pada sajian klik kanan, maka silahkan anda cari pada sub sajian pada sajian tab.

Dan sesudah anda berhasil menonaktifkan proteksinya maka arahan atau rumus fungsi akan nampak terang dan sanggup anda utak-atik, namun ingat jangan anda utak-atik pada arahan yang tidak anda paham, alasannya yaitu nantinya emis anda sanggup error semua, saran utama saya, silahkan salin atau copy data emis anda sebelum mempraktikkan langkah-langkah ini.

Panduan mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

1. Baiklah, kini saatnya kita perbaiki arahan tersebut, menyerupai yang telah saya katakan tadi arahan error #Reff! tersebut sanggup jadi alasannya yaitu data cell tertukar dengan cell lainnya, perhatikan pada gambar berikut:

 Baiklah para sahabat setia blog tentangwebsites Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

2. Coba anda pahami pada gambar di atas, yaitu terdapat arahan error berupa #Reff!, dan silahkan anda pahami apakah yang salah? tentu anda akan tahu dikarenakan telah saya beri tanda panah serta tanda kotak merah di atas. Pada gambar di atas sudah terang ada yang salah yaitu pada kolom K:8 namun rumus fungsi tertukar dengan kolom K:10 menyerupai yang telah say beri tanda panah merah di atas, secara lengkap arahan rumus fungsi di atas yaitu sebagai berikut:

 =IF('Siswa MA'!K10="","-",IF(LEN('Siswa MA'!K10)<>18,"Tidak valid",IF(VALUE('Siswa MA'!K10)<0,"Cek lagi","#REF!")))


3. Sehingga untuk mengatasinya silahkan anda rubah arahan K:10 dengan K:8, Perubahan ini berlaku juga pada kode-kode selanjutnya yang masih pada cell tersebut yang memakai arahan K:10, alasannya yaitu kemungkinan fungsi rumus akan panjang. Dan terahir silahkan anda klik "Enter" Sehingga arahan akan menjadi :

=IF('Siswa MA'!K8="","-",IF(LEN('Siswa MA'!K8)<>18,"Tidak valid",IF(VALUE('Siswa MA'!K8)<0,"Cek lagi","#OK")))


Dan silahkan anda lihat hasilnya, maka arahan error pun akan hilang dari pemandangan jelek pada ceel data emis excel anda:

 Baiklah para sahabat setia blog tentangwebsites Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel

Ok demikianlah teman-teman blog tentangwebsitesblogspotcom untuk Cara mengatasi Error #REF! pada Emis Excel, supaya memberi manfaat bagi teman-teman sekalian, salam. jangan lewatkan juga cara-cara menarik lainnya pada post lainnya juga: Panduan Verval SP melalui Emis Pendis SDM

0 Response to "Cara Mengatasi Error #Ref! Pada Emis Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel