Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression

Banyak aspek yang bisa mempengaruhi kecepatan loading suatu blog, mulai dari aspek internal (isi blog menyerupai penggunaan flash atau iframe), isyarat css yang kurang efesien, javascript yang terlalu banyak, sampai dari segi server blog itu sendiri.

Bagi pengguna blogspot / blogger terang tidak terpengaruh aspek loading blog dari server sebab servernya memang di handle pribadi oleh Google, lantas bagaimana dengan pengguna WordPress Self Hosting?

Well ada banyak cara mempercepat loading blog bagi wordpress self hosting, menyerupai mengganti .htaccess, memakai cache, dengan sistem Gzip compression, dll. Nah yang mau dibahas disini merupakan mempercepat loading blog dengan sistem Gzip compression.

Apa Itu Gzip Compression?


Gzip Compression merupakan pengkrompesan file dari server yang mau dikirim ke browser, hasil compress tersebut pasti jauh lebih kecil ukurannya daripa file yang tidak dikompres, dan kian kecil ukuran file maka kian cepat bukan transfer file yang dilakukan?

Berikut ini ilustrasi bagaimana

Gzip Compression

dapat mempercepat loading blog sobat

Banyak aspek yang bisa mempengaruhi kecepatan loading suatu blog Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression

Banyak Cara Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression


Jika kawan browsing wacana cara memakai gzip compression maka akan ada banyak panduan wacana itu. Gzip Compression memang mencakup "ribet", terlebih bagi newbie menyerupai saya ini.

Kenapa "ribet"? Karena ini kan mengembangkan secara maksimal dari segi server, so kita mesti tahu jenis server apa yang kita gunakan, apakah apache atau nginx atau cloudfire?

Setiap server memiliki hukum tersendiri menyerupai ada yang lewat .htaccess, memakai mod_deflate atau mod_gzip. Belum lagi panduan yang ada malah bikin kita gelisah selaku newbie abadi, manaa yang mesti diikuti?

Permasalahan diatas masih ditambah lagi dengan bagaiman jikalau nanti kita pindah server atau hosting? Tentu saja pengaturan yang sudah kita set sebelumnya mesti dirubah lagi.

Cara Paling Gampang Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression Pada WordPress


Setelah browsing muter2 kesudahannya nemu juga panduan wacana mempercepat loading blog dengan gzip namun simple dan mudah pwol.

Cara ini dengan mempergunakan isyarat php, sebab menyerupai kita tahu WordPress sendiri merupakan cms yang memakai php dan mysql sehingga trik ini dapat dijalankan di blog wordpress.

Caranya cukup mudah sob, buka functions.php di editor theme sobat, kemudian letakkan isyarat berikut ini setelah tag pembuka php yakni <?php nah berikut ini isyarat nya
ob_start("ob_gzhandler");

Selesai deh, dengan memakai isyarat diatas, maka seluruh halaman blog wordpress kawan sudah memakai Gzip Compression. Emang keren php itu :D

Oia jikalau mau mengenali apakah kawan sudah

menggunakan Gzip Compression

atau tidak bisa di cek dengan SEOquake atau pribadi ke sini : hxxp://www.gidnetwork.com/tools/gzip-test.php

0 Response to "Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel